Membersihkan Head Printer Yang Tersumbat

Membersihkan Head Printer Yang TersumbatBila sebuah head printer tersumbat akan mempengaruhi kinerja printer. Hal ini bisa disebabkan oleh tinta yang mengering karena tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama. Hal ini menyebabkan pekerjaan pencetakan yang buruk, pemborosan tinta dan kertas dan pada akhirnya dapat merusak printer. Karena itu sangatlah penting untuk membersihkan head printer yang tersumbat.

Sebelum kita membersihkan head printer yang tersumbat, kita siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang diperlukan antara lain kapas, air panas dan isopropil alkohol.

Langkah-langkah untuk membersihkan head printer sebagai berikut:
1. Hampir semua printer telah dilengkapi program yang memungkinkan mereka untuk melakukan modus membersihkan diri. Yang perlu kita lakukan adalah menekan tombol untuk fungsi ini. Periksa manual printer bila tidak menemukan tombol ini.
2. Mengaktifkan modus pembersihan diri pada printer melalui program komputer. Buka ‘Printers and Faxes’ folder untuk pilihan pemeliharaan printer. ‘Cleaning’ dan mode ‘Deep Cleaning’ biasanya ditampilkan.
3. Bila modus pembersih diri tidak bekerja, kita dapat menggunakan tes cetak. Kita juga dapat mematikan printer semalam, lalu hidupkan kembali pada hari berikutnya dan coba sekali lagi tes cetak. Ini agar kita mengetahui apakah penyumbatan masih terjadi.
4. Jika masih tersumbat, kita dapat mencoba untuk membersihkan kepala printer secara manual. Pertama kita keluarkan catridge dari printer. Basahi kapas dengan mencelupkan dalam air panas atau alkohol isopropil, usap head printer dengan lembut. Lakukan ini berulang kali sampai tinta yang kering melembut.
5. Untuk model head printer yang terletak di printer, kita dapat menempatkan 7 sampai 10 tetes alkohol dalam wadah tinta sehingga tinta mengalir dari cartridge ke head. Nyalakan modus membersihkan diri, kita juga dapat membiarkan selama beberapa jam atau semalam sebelum mengulangi modus pembersihan diri.
6. Bila rendaman kapas tidak bekerja, letakkan head cartridge printer dalam alkohol/air panas dan biarkan terendam semalam. Lalu hapus daerah yang basah dan kering dengan hati-hati menggunakan handuk/kertas basah. Hidupkan printer, nyalakan modus pembersihan diri untuk menghilangkan tinta kering.
7. Bila semua langkah sudah dilakukan dan head printer masih tersumbat. Sebaiknya hubungi teknisi untuk meperbaiki head printer Anda.

Tentang Penulis:

Andinoeg adalah blogger kelahiran Ibu Kota Negara kita tercinta (Jakarta), besar di Kota Suwar-suwir (Jember) dan sekarang berdomisili di Kota pahlawan (Surabaya)

Sponsor

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Pasang Iklan

 

3 Responses to Membersihkan Head Printer Yang Tersumbat

  1. alamendah says:

    Saya biasanya merendamnya dengan air panas selama beberapa jam.
    alamendah recently posted..Monyet Ekor Babi atau Simakobu, Primata Paling Langka

  2. Lidya says:

    printerku jga macet tuh padahal baru ganti tinta
    Lidya recently posted..Behind the Scene Tumpeng Ngetril61

  3. Sya says:

    Wah, berguna nih buat saya yang udah jarang ngeprint di rumah.
    Sya recently posted..Saat Ramadhan Bukan Sekedar Berpuasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge